Bagi operator sekolah yang sudah memulai mendaftarkan calon peserta UN 2016 mungkin akan mengenal sebuah file berformat baru yakni .dz ya karena file format .dz merupakan salah satu file penting hasil unduhan yang berisi tentang data calon peserta Ujian Nasional 2016 yang pendaftaran calonnya berbasis dapodik.

File calon peserta Ujian Nasional berformat .dz tersebut di dapat dari hasil unduh file melalui web manajemen dapodik ditjen dikdasmen 2016 melalui tab daftar calon Peserta Ujian Nasional > pilih tab Unduh Peserta UN > muncul pesan "Pastikan data siswa calon peserta UN sudah lengkap dan valid, sebelum file ini diberikan ke panitia UN Dinas Kab/Kota" Kemudian klik OK. Maka anda hasil unduhan tersebut tertulis 203.....­SD_NEGERI_01.dz (NPSN­Nama_Sekolah.dz)

Untuk lebih jelasnya silahkan amati gambar di bawah ini :




Setelah anda berhasil mendownload file peserta un.dz maka selanjutnya akan muncul pertanyaan bagaimana cara membuka file .dz tersebut? Jika anda langsung klik 2x pada hasil unduhan peserta un format .dz maka Windows akan memberitahu Anda bahwa Anda tidak bisa membukanya, atau dalam kasus terburuk, Anda mungkin menemukan pesan kesalahan berkas DZ terkait dengan muncul pesan "To open this file, windows needs to know what program you want to use to open it. Windows can go online to look it up automatically, or you can manually select from a list of programs thats are installed on your komputer".

File tersebut nantinya dikirimkan ke panitia UN Kab./Kota untuk dijadikan lembar monitoring sekolah yang sudah dan belum mengumpulkan DCP dengan mencatat tanggal dan keterangan saat mengumpilkan DCP dari sekolah.

silahkan perhatikan gambar



 Catatan Penting :
1. Jika ada perubahan/perbaikan, data diperbaiki melalui sinkronisasi pada aplikasi Dapodik. Perubahan tersebut otomatis mengubah data di manajemen UN secara realtime.
2. Pastikan NISN valid melalui aplikasi vervalpd.data.kemdikbud.go.id
3. Jika sekolah memiliki kendala dalam mengunduh data dapat meminta bantuan KKDATADIK.
4. Periksa data kebutuhan khusus peserta didik karena peserta didik dengan kebutuhan khusus akan mendapatkan soal sesuai kebutuhan khususnya. 5. Proses pengisian Dapodik untuk pendaftaran calon peserta UN berakhir pada 31 Desember 2015. sumber

0 komentar:

 
Top